Topografi

Jasa Pengukuran Tanah dan Topografi

jasa topografi kontur tanah
Pemetaan Topografi menggunakan Total Station (Gatupa Konsultan)

Topografi merefleksikan suatu tempat menurut sistem koordinat sesuai garis lintang dan garis bujur. Sedangkan secara vertikal menunjukan ketinggian dari tiap titiknya. Gatupa Merupakan Konsultan berpengalaman dibidang survey pemetaan mulai dari proyek konstruksi, pertambangan, irigasi, dan lain sebagainya.

 

Fungsi Pemetaan Topografi

Setiap peta punya fungsinya masing masing. Begitu juga peta topografi. Dalam pengaplikasian lebih lanjut, peta topografi bisa digunakan untuk perhitungan cut and fill, estimasi cadangan tambang, perencanaan konstruksi, (Penentuan BM, Stake Out Pondasi, dan As Bangunan),  serta kebutuhan lainnya. Survey topografi memiliki banyak manfaat dalam hal pembangunan, pertambangan, pertanahan, dan sebagainya.

Pengukuran Topografi menggunakan GPS Geodetik (Gatupa Konsultan)

Mengapa Harus Dilakukan Pemetaan Topografi?

Hasil 3D Model dari Total Station Daerah Pengukuran
Hasil 3D Model Total Station

Dengan dilakukannya kegiatan pemetaan maka akan didapatkan gambaran bentang alam dan juga medan yang akan dilalui di lapangan. Pemetaan juga dilakukan untuk memperoleh hasil analisa yang tepat untuk pengembangan daerah pengukuran lebih lanjut. 

Perlu Jasa Pemetaan Topografi?

Kapan Anda Memerlukan Jasa Pemetaan Topografi?

Dalam segala kegiatan, alangkah baiknya selalu dilakukan survey. Survey topografi selalu dilakukan sebagai landasan dari semua kegiatan yang akan dilakukan. Saat kegiatan pertambangan contohnya, perlunya dilakukan pemetaan adalah sebagai dasar perhitungan tingkat keekonomisan suatu wilayah pertambangan, berapa besar cadangan yang bisa didapat dari kegiatan penambangan, bahkan biasa dipergunakan sebagai perhitungan masa penambangan yang bisa dilakukan. 

Setiap saat pemetaan pasti dibutuhkan, bahkan untuk kegiatan pembangunan jalan raya maupun jalan tol. Pemetaan topografi perlu dilakukan untuk menghitung seberapa banyak material yang digunakan serta untuk memperkirakan kemiringan serta kapan jalan tersebut akan belok. Pemantauan dengan survey ini perlu juga dilakukan sebagai kontrol dari pekerjaan jalan.