Jasa Georadar atau GPR (Ground Penetrating Radar)

Apa itu Survei Georadar atau GPR?

Georadar  merupakan  salah  satu  metode geofisika yang menggunakan sumber gelombang elektromagnetik  (EM)  yang  menggunakan gelombang radio dengan frekuensi antara 1-1000 MHz. Aplikasi GPR dapat digunakan untuk survey benda-benda yang terpendam
di tempat yang dangkal (pipa, kabel, septictack, dll), tempat yang dalam, dan pemeriksaan beton. Keuntungan penggunaan GPR adalah relatif mudah dilakukan dan tidak merusak, antena tidak harus bersentuhan secara langsung dengan permukaan tanah, dengan cara demikian dapat mempermudah dan mempercepat pengukuran.

Fungsi Survei Georadar atau GPR

Georadar atau GPR (Ground Penetrating Radar) biasa digunakan untuk pendugaan penentuan utilitas bawah permukaan seperti keberadaan dan kedalaman kabel, pipa, septic tank, dll. Selain itu Georadar dapat digunakan untuk menentukan ketebalan dari tulangan beton dan juga dapat menentukan kebocoran, voids (rongga) dalam beton. teknologi gpr mampu mendeteksi dan mengidentifikasi non logam serta logam, sehingga dapat membantu pekerjaan pada proyek untuk memahami kondisi bawah permukaan dan menghindari resiko pada tahap selanjutnya.